Mobil pertama di dunia adalah mobil fardier   à vapeur yang dibuat oleh seorang ahli mekanik berkebangsaan   Perancis Nicolas-Joseph Cugnot pada tahun 1769. Cugnot adalah   orang pertama yang berhasil menggunakan mekanisme untuk mengubah gerak   bolak balik dari piston uap ke dalam gerakan berputar dengan cara   pengaturan ratchet. versi paling awal yang ia buat adalah mobil fardier   à vapeur tahun 1769. Model ini dibuat dengan menggunakan dua buah   roda yang berasal dari kereta kuda yang digunakan untuk transportasi   persenjataan.
Tahun berikutnya, versi lengkap fardier   à vapeur dibuat, mobil itu direncanakan membawa 4 ton barang dan   diharapkan dapat berjalan dengan kecepatan (7,8 km atau 4,8 mil) dalam   satu jam, namun pada prakteknya, hal itu tidak bisa dicapai. Kendaraan,   yang beratnya sekitar 2,5 ton itu, memiliki dua roda di belakang dan   satu roda di depan, roda depan selaigus tempat tumpuan ketel uap dan   mekanisme kemudi. Unit daya telah disosialisasikan ke trailer “” dan   membawanya dari sana dengan cara menangani pengaturan ganda. Satu sumber   menyatakan bahwa ia hanya bisa dinaiki oleh 4 orang dengan kecepatan   2,25 mil per jam.
 
Mobil fardier à vapeur di museum Musée des Arts et   Métiers, Paris.
Mobil itu sangat tidak stabil   karena distribusi berat yang tidak merata yang menjadi kelemahan yang   serius padahal kendaraan itu harus menghadapi jalan yang terjal dan   curam. Selain itu, tangki uap pada mobil itu harus dinyalakan setiap 15   menit, sangat tidak praktis.Pada tahun 1771, mobil ini mengalami   kecelakaan dan menghantam gudang persenjataan. Ini juga dianggap sebagai   kecelakaan mobil pertama di dunia.
  

Kecelakaan mobil pertama
Setelah menjalankan beberapa percobaan, proyek ini ditinggalkan dan percobaan tentara Perancis dengan kendaraan mekanik berakhir. Meskipun demikian pada tahun 1772, Raja Louis XV memberikan Cugnot masa pensiun dan penghargaan atas temuannya yang inovatif. Percobaan itu dinilai hal yang menarik dan mobil fardier disimpan di gudang senjata sampai dipindahkan ke konservatori Nasional des Arts et Métiers pada tahun 1800, yang mana masih dapat kita lihat hari ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar