Rabu, 14 April 2010

Bismillahirrahmaanirrahiim

60 Penyakit Hati:

[6] KEYAKINAN BID'AH

Akidah, kepercayaan, dan keyakinan dalam agama yang muncul setelah Rasulullah wafat, dan tidak ditemukan pada jejak para sahabatnya adalah "itikad bid'ah". Diatas keyakinan ini ada kekufuran.
Dengan demikian, siapapun yang memiliki itikad bid'ah, dia adalah orang kafir. Kelompok-kelompok sesat (ahludh-dhalal) yang menebar akidah bid'ah dalam tubuh kaum musliin ini sudah diramalkan
Rasulullah : "Dan sesungguhnya bani Israil itu telah berpecah menjadi tujuh puluh dua golongan. Umatku akan terpecah menjadi tujuh puluh tiga golongan; semuanya akan masuk neraka kecuali satu golongan." Para Sahabat bertanya : " Siapakah yang satu golongan ini, ya Rasulullah. " Nabi menjawab : " Ialah apa yang aku dan sahabatku ada di atasnya." (H.R. Turmudi).

Sesuai perkembangan zaman dengan kemajuan berpikir manusianya, fenomena tujuh puluh dua firqah (golongan) sesat yang sudah disebutkan diatas mungkin sudah bertambah lebih dari sekadar makna
tujuh secara lugawi (seperti makna pusing tujuh keliling). Artinya, terpecah belahnya umat Rasul ke dalam kelompok-kelompok sesat tersebut akan terdiri dari jumlah yang tidak akan dapat ditentukan.

Berikut adalah beberapa penyebab hati seseorang terlibat dalam keyakinan yang sesat ini:
1. Mentuhankan hawa nafsu.
2. Mentuhankan akal, dan merasa bangga akan hasil penemuan pikiran.
3. Taklid buta kepada para pemuka yang akidahnya sesat.
4. Awam dalam hal agama.

Dengan melihat penyebab-penyebab tersebut, penyimpangan yang dilakukan manusia ini mungkin saja bukan hanya dalam konsep ideologi, melainkan juga dalam konsep ta'abudi.

Mari selamatkan hati kita dari penyakit ini dengan cara berikut :
1. Menjauhi semua penyebabnya
2. Meyakini dengan sekuat hati bahwa kebenaran mutlak hanyalah yang dibawa oleh Nabi Muhammad Saw dan diteladani oleh para sahabatnya.
3. Memenangkan keyakinan ini di atas keinginan nafsu, kekuatan akal dan pikiran.
4. Menghindari taklid buta dalam agama.
5. Memperkaya ilmu akidah untuk memperkuat makrifat terhadap Allah dan Rasul-Nya.
6. Meyakinkan bahwa konsep keagamaan yang datangnya bukan dari Allah dan tidak ada suri teladan dari Rasul adalah salah.
2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails